Selamat Datang Di Blog Kami...Semoga Bermanfaat dan Dapat Berkunjung Kembali...Terima Kasih...

14 Februari 2013

Trik Untuk Membeli Properti Yang Sudah Dibuat Kos-Kosan

By Tung Desem Waringin




Jika Anda ingin membeli properti yang sudah dibuat untuk kos-kosan atau yang sudah disewakan seperti kontrakan, maka yang harus diperhatikan adalah biaya untuk properti tersebut. Jika dari segi keuntungan, Anda harus mencari yang dapat menguntungkan Anda minimal 10%. Jika keuntungan kurang dari 10% boleh saja, yang terpenting adalah masih untung. Selain itu Anda juga bisa menaikkan harga sewa dari kos tersebut dengan melihat seberapa besar potensinya untuk bisa dinaikkan.

Berikut ini beberapa potensi agar harga sewa dapat dinaikkan :

1. Lihat Full atau Tidak

Jika ternyata kos tersebut penuh, maka ada kesempatan untuk Anda untuk memastikan harga sewa dari kos tersebut. Dan jika Anda menaikkan harga sewa kos tersebut, berarti return on invest Anda akan naik.

2. Survei Langsung

Anda mencari data dari perusahaan/pabrik/Universitas yang berada di sekitar Anda. Apakah akan mengalami kenaikan atau tidak. Jika perusahaan/pabrik/Universitas tersebut akan merekrut banyak karyawan atau mahasiswa maka akan menjadi kesempatan yang bagus karena akan semakin banyak tempat kos yang dicari.

3. Lihat Sekitar

Anda bisa melihat berapa harga yang diberikan oleh saingan Anda. Jangan memberikan harga yang terlampau jauh lebih besar dibandingkan dengan pesaing Anda.

4. Amati Saingan

Anda bisa melihat fasilitas apa saja yang diberikan pesaing kepada penyewa. Jika pesaing tidak memberikan fasilitas apapun. Maka Anda bisa menambahkan beberapa fasilitas seperti AC atau TV agar penyewa menjadi senang karena Anda memberikan pelayanan lebih.

5. Hitung

Setelah itu, Anda hitung berapa biaya pengeluaran yang dihabiskan. Hal ini dimaksudkan agar Anda mengetahui berapa besar potensi yang ada. Anda juga perlu menghitung biaya pemasukan dan biaya pengeluaran sehingga dapat terlihat berapa pemasukan. Jika hitungan Anda tidak sesuai dengan yang diharapkan, Anda bisa mengajak pemilik properti tersebut untuk bekerja sama dan bagi hasil dengannya.

Semoga bermanfaat trik di atas untuk membantu dan memberikan pengetahuan bagi Anda dalam berinvestasi di bidang properti.

Tidak ada komentar: