Selamat Datang Di Blog Kami...Semoga Bermanfaat dan Dapat Berkunjung Kembali...Terima Kasih...

18 Januari 2013

Tips Jika KPR Anda Macet

Membeli rumah dengan jalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sudah lazim dilakukan beberapa waktu ini. Bagi yang berpenghasilan tetap dan lebih berkepastian, cara membeli rumah melalui sistem KPR ini memang cenderung menjadi pilihan yang meringankan. Namun bagi yang mata pencahariannya bisa dibilang tidak pasti akan lebih baik ketika melakukan pembelian secara cash (langsung lunas).

Meski demikian, kondisi perekonomian nasabah memang terkadang tidak mudah ditebak. Ada kalanya yang semula berpenghasilan stabil, namun karena berbagai faktor (krisis ekonomi misalnya) banyak terjadi angsuran KPR itu terpaksa mengalami kemacetan. Pada keadaan semacam ini seringkali membuat sang nasabah kehilangan akal dan pasrah begitu saja ketika menemui kenyataan bahwa rumah yang sekaligus menjadi agunan kredit itu harus disita oleh Bank.

Padahal pada situasi yang mungkin tak terhindarkan lagi ini, masih ada beberapa hal yang tetap bisa dilakukan. Paling tidak untuk meminimalkan kerugian yang kita alami. Janganlah buntu berpikir meskipun rumah Anda terancam disita atau dilelang oleh bank. Langkah-langkah yang masih mungkin kita tempuh adalah :

1. Berusaha kooperatif dengan pihak bank, diantaranya dengan mengajukan permohonan kembali perpanjangan hutang, pengurangan bunga, keringanan dan sebagainya. Bank pun akan lebih logis dalam memilih langkah yang terutama mengutamakan penyelesaian hutang dibanding eksekusi yang biayanya mahal serta hasilnya belum tentu maksimal.

2. Jika rumah itu selama ini merupakan satu-satunya tempat tinggal, tetaplah dihuni dan rawat dengan baik. Demikian juga ketika rumah itu memang menjadi sarana investasi Anda. Jangan biarkan terbengkalai atau tidak terawat. Hal ini karena jika nanti pada proses akhirnya harus disita/lelang, rumah Anda masih memiliki nilai jual maksimal yang tentu saja berguna untuk perhitungan pada sisa hutang Anda.

3. Berusahalah untuk menjual sendiri rumah Anda. Baik dijual secara lunas ataupun over kredit. Karena dengan usaha menjual sendiri ini, kemungkinan untuk mendapatkan harga yang lebih optimal masih mungkin didapatkan.

Itulah beberapa saran ketika menghadapi situasi di mana KPR kita terpaksa mengalami kemungkinan kemacetan. Angsuran KPR bisa macet, tapi kita jangan macet berpikir mencari solusi. Bagaimanapun juga rumah itu adalah aset yang harus tetap dipelihara dengan baik.


(Sumber : Kredit-ku.com)

1 komentar:

gudang2share mengatakan...

Blog Walking Gan, kunjungin balik ya...THANKS