Selamat Datang Di Blog Kami...Semoga Bermanfaat dan Dapat Berkunjung Kembali...Terima Kasih...

29 Oktober 2012

Flipper, si Pelaku Transaksi Flip dalam Bisnis Properti


Mungkin bagi sebagian orang sudah mengenal namanya transaksi flip. Teknik flip ini sebenarnya umum dalam bisnis properti. Bahkan seorang developerpun pada dasarnya menggunakan teknik flip. Flipper adalah sebutan bagi pelaku transaksi flip.

Cara ini yang sering dibilang bisnis properti tanpa modal, bahkan masuk dalam salah satu strategi beli properti tanpa duit.

Oke. Prinsip dasar bisnis adalah BUY LOW, SELL HIGH. Ini juga prinsip dasar Teknik Flip. Anda “membeli” properti yang murah dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Tentu saja kita musti tahu mana properti yang murah atau di bawah harga pasar.

Bedanya dengan broker adalah jika FLIPPER (sebutan bagi para pemain FLIP) memperoleh pendapatan berupa Margin alias selisih Harga Beli dengan Harga Jual. Sedangkan seorang BROKER hanya memperoleh fee/komisi penjualan.

Bagaimana caranya menjadi FLIPPER? Ikuti petunjuk berikut
LISTING | Carilah data properti dijual. Data ini bisa anda peroleh di media iklan koran, internet dll. Anda menawar properti yang akan Anda beli dengan strategi bayar mundur atau naikkan harga. Misalkan saja Anda membeli properti dengan tempo bayar 1 bulan. Anda cukup DP 1jt atau berapapun dan mengikatnya dalam perjanjian Pendahuluan Jual Beli atau biasa dikenal AJB belum lunas.
Anda bisa melakukan teknik flip ini terhadap tanah kosong, hotel, kost2an, perumahan, mall, toko, ruko, kantor dll.

POSTING | Siapkan media promosi untuk menempatkan barang dagangan properti Anda. Anda bisa menggunakan FACEBOOK, Twitter, Website, Blog, Multiply, Iklan koran, Spanduk dll. Jangan lupa berikan program yang menarik untuk menarik pembeli.
SELLING | Well, saatnya menjual.

Nah, untuk meningkatkan nilai jual dari properti tersebut maka perhatikan 3 hal berikut :
  • Undervalue | Properti tersebut tidak perlu anda lakukan makeover tapi anda bisa mendapatkan margin apabila properti yang Anda flip adalah properti undervalue atau nilainya di bawah harga pasar.
  • Make Over | Properti yang Anda flip perlu dilakukan make over. Terdapat ratusan cara make over namun paling umum adalah (1) mengganti cat, (2) mengganti genteng, (3) merubah tampak/fasad, (4) menambah ruang, (5) merenovasi bagan-bagan yang usang.
  • Value Added | Properti yang Anda flip berilah nilai tambah. Misalkan saja, (1) Uang muka kecil bahkan nol, (2) Dibayar mundur, (3) Mendapatkan hadiah, (4) Memperoleh diskon, (5) Beri cashback

Tidak ada komentar: