Selamat Datang Di Blog Kami...Semoga Bermanfaat dan Dapat Berkunjung Kembali...Terima Kasih...

28 Oktober 2012

Jangan Abaikan Lokasi & Arah Pintu Rumah!

Nur Januarita Benu - Okezone 
JAKARTA - Ada pepatah Tiongkok yang berbunyi bahwa "Pintu utama senilai dengan ribuan tael emas", ini memiliki makna lokasi dan arah pintu utama seperti mulut manusia.

"Bahwa apa yang Anda makan itu yang akan Anda dapatkan. Dalam teori Feng Shui, kita namakan sebagai Shui Kou (mulut air), yakni faktor pertama dan paling utama harus diperhatikan oleh penghuni ketika ingin membangun ataupun membeli rumah," kata pakar Feng Shui Aries Harijanto.

Menurut pengelola Indonesia Feng Shui Online Center (IFSOC) ini, lokasi dan arah pintu utama mutlak dinilai terlebih dahulu sebelum menilai dan memperbaiki sektor ruangan yang berada di dalam rumah.

Sebagai pedoman dasar, ada beberapa kaidah yang harus Anda ketahui mengenai pintu utama, seperti dikutip dari laman Klik Feng Shui, Minggu (28/10/2012), berikut ini:

1. Pastikan bahwa pintu utama tersebut tidak rusak dan mudah untuk dibuka.
2. Ukuran pintu utama tidak boleh terlalu besar ataupun terlalu kecil dari ukuran rumah Anda.
3. Teras dan ruangan dekat pintu utama seyogianya terlihat cukup lapang dan jangan sampai sesak dengan perabotan.
4. Pintu utama dengan ruang kamar tidur, kamar mandi, dan dapur tidak boleh langsung berseberangan.
5. Pintu utama jangan langsung berseberangan menghadap ke pintu belakang ataupun jendela belakang rumah.
6. Pintu utama jangan terlalu dekat dengan tangga. Gunakan partisi atau foyer jika Anda memiliki tipe pintu seperti ini.
7. Pintu utama tidak boleh langsung menghadap cermin, karena energi yang masuk ke dalam rumah akan dipantulkan kembali melalui cermin tersebut sehingga tidak dapat menjebak energi yang masuk.
8. Jangan ada bangunan atap tetangga (sudut runcing atap) yang seolah-olah tampak menusuk kearah lokasi pintu utama tersebut maupun bentuk atap segitiga ataupun struktur yang tampak tajam dari bangunan tetangga dalam lingkup 45 derajat yang masuk dalam lokasi pintu utama rumah Anda.

"Jika memang kondisi ini tidak bisa Anda penuhi, maka Anda dapat menggunakan cermin Pa Kua sebagai penangkal energi negatif (Sha Qi) dengan menggantungnya di atas pintu atau sesuai arah tersebut datang," imbuhnya.

Sesuai kaidah dalam feng shui, jika tidak ada sebuah bangunan yang tampak mengancam pintu utama rumah dan bentuk pintu utama tersebut dalam ukuran yang layak dan memiliki area yang terbuka di depan pintu utama, serta terlihat nyaman ketika kita masuk ke dalam rumah, maka ini adalah feng shui yang baik. (NJB)
 

Tidak ada komentar: